Tentang Melamar Kerja [Part 1]
Wednesday, March 02, 2016Source:. ©Shutterstock.com/Alita Bobrov |
Hari ini gue akan ngomongin tentang “melamar kerja”.
Tulisan ini terinspirasi dari keseharian gue yang akhir-akhir ini sering berhadapan dengan CV, surat lamaran kerja, interview, dan sodara-sodaranya itu di kantor. Kantor gue kan digital agency yang kalo nambah brand, seringnya ya nambah orang. Kebetulan pas lagi nambah brand, malah ada yang resign. Nambahlah PR rekrutmen buat tim gue.
Lamaran jaman sekarang kan online ya, ngirim via email. Dan emailnya ke HRD. Jadi gue cuma nerima CV terus screening aja yang mana yang mau dipanggil interview. Eh, ada beberapa kali lamaran yang emailnya langsung diforward ke gue. Di situ gue baru tau, kalau beberapa pelamar itu mengirim lamaran dengan keadaan begini:
1. Nggak ada surat lamarannya, atau
2. CV sama lamaran dijadiin satu di Ms Word dengan informasi yang minim
3. Nggak ada subject email
4. Nggak ada body email
5. Enggak ada surat lamaran, subject nggak jelas, body email seadanya. Jadi yang gue terima Cuma CV
Poin nomor 1 dan 5 itu paling banyak. Gue kaget donk ya. Terus gue merenung lamaaa gitu. Gue waktu jaman newbie di dunia kerja, gak sopan begitu gak ya emailnya :(. Pas gue cek lagi di sent item email, Alhamdulillah waktu ngirim CV untuk keperluan kerja, memenuhi standar. Pantes dapet kerjanya Alhamdulillah lancar. Rejeki anak yang rajin googling :).
Jadi ini yang kepengen gue bahas. Di google sudah banyak artikel yang membahas tentang surat lamaran kerja; mulai dari bikin CV yang bagus, surat lamaran kerja yang oke, body email, dll, tapi gue masih ketemu email lamaran kerja yang begini:
Nggak ada salam pembuka dan penutup email, permisi, assalamualaikum, selamat siang, atau apalah itu kepada HRD Kantor. Lamaran kerja juga nggak ada. Walopun ya, untuk beberapa orang dianggap udah nggak terlalu urgent, tapi buat gue pribadi sih ini masih perlu untuk sopan santun. Kecuali kalo memang ngelamarnya lewat temen, dan emang temennya cuma minta CV buat referensi ke kantornya, ya bebaslah. Jadi para applicant ini to the point banget. Generasi gue banget. Ehe.
Terus ada yang lebih bikin shock lagi waktu orang HR kantor fwd email ke gue. Karena waktu itu butuh cepet, HR memutuskan filternya dari gue aja langsung. Jadi, ada fwd email yang begini:
Ya jelas nggak gue bacalah CV-nya. Entah, buat gue, di awal aja udah grasa grusu, nggak mau menyempatkan diri sebentar aja untuk nyari tau tata karma ngirim lamaran kerja. Gimana di kerjaan? Ehehehe. Lewat deh.
Nah ini yang terakhir dan paling mengenaskan. Ada lamaran kerja yang mulai dari pengajuan lamaran (kepada-nya bukan ke nama perusahaan tempat gue kerja. Positif thinking aja, mungkin lupa ganti copasan), sampai CV (seadanya) Cuma di body email. Dan di akhir emailnya, ditulis begini:
Kejadian ini bikin gue merenung (lagi dan lagi, setiap kali nerima email aneh-aneh begini) sih. Mungkin di masa muda gue, awal-awal masuk dunia kerja professional, gue pernah se-“nggak sopan” itu ke perusahaan. Atau punya kelakuan ngehe ke bos. Yang pada masanya gue nggak ngerasa ada yang salah dengan itu semua. Sampai akhirnya gue ada di posisi yang di-ngehein itu. Dan gemaaaasssssss! Hahaha. So, semoga tulisan ini bisa menjadi pelajaran untuk dedek-dedek calon professional muda yang akan masuk dunia kerja. Sempatkan diri untuk banyak-banyak bertanya tentang tata krama melamar kerja ke orang-orang yang dianggap senior, dan banyak-banyak googling. Dulu sih gue sempet konsultasi ke temen gue yang HRD, dan senior di perusahaan besar untuk bikin CV yang bener, sambil belajar tips & trik melamar kerja. Alhamdulillah, nggak ada hasil yang mengkhianati usaha. So, selamat “belajar”!
0 comments